Peningkatan Kompetensi GTK SMA Negeri 1 Pringsurat melalui Pelatihan Mandiri PMM
Perencanaan Berbasis Data Melakukan Praktik Identifikasi-Refleksi-Benahi
Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan. Perencanaan Berbasis Data (PBD) bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret. langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data (PBD), yaitu Identifikasi, Refleksi, dan Benahi (IRB). Tahapan identifikasi dilakukan untuk memilih dan menentukan masalah yang akan diselesaikan dalam satu periode perencanaan. Tahap refleksi dilakukan untuk menemukan perumusan perbaikan dari permasalahan yang muncul. Tahap benahi satuan pendidikan akan direkomendasikan program atau kegiatan untuk mengatasi masalah yang muncul pada tahap identifikasi dan refleksi.
Yang harus dilakukan sekolah adalah menyiapkan dokumen Laporan Rapor Pendidikan dan dokumen Rekomendasi PBD SMA Negeri 1 Pringsurat yang diunduh dari platfrom Rapor Pendidikan.Praktik Identifikasi Refleksi dan Benahi. Kegiatan pertama adalah bersama-sama membaca Profil Pendidikan yang tertera dalam dokumen. Kepala sekolah memimpin diskusi dengan mengajak rekan guru untuk melakukan analisis bersama terhadap capaian di tiap indikator, khususnya terhadap indikator prioritas. Seluruh rekan guru mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan identidikasi, refleksi dan benahi. Berdasarkan hasil identifikasi indikator prioritas, di SMA Negeri 1 Pringsurat yang perolahan capaiannya belum baik adalah pada kemampuan numerasi.
Kondisi atau fakta yang ditemukan di SMA Negeri 1 Pringsurat terkait capaian ini. Peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum dengan kategori Sedang yaitu 68,89%’. Kebijakan sekolah yang mendukung mutu dan relevansi hasil pembelajaran. Skor capaian Visi-misi Sekolah Anda tahun ini 51,43, turun 2,8% dari tahun 2022 (skor 52,91). Satuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten pengembangan diri untuk memahami bilangan, aljabar, geometri, data, dan ketidakpastian di Platform Merdeka Mengajar. Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan pembelajaran tentang bilangan, aljabar, geometri, data, dan ketidakpastian peserta didik secara keseluruhan dengan mempelajari inspirasinya di Platform Merdeka Mengajar.

Solusi Terhadap Hambatan Yang Muncul Kegiatan BOS Reguler / BOS Kinerja, Kegiatan BOP dengan mengadakan kegiatan pengembangan diri terkait numerasi melalui PMM, pengembangan diri terkait pelibatan orang tua dalam penguatan pembelajaran numerasi,. Pengembangan diri terkait peningkatan kapasitas satuan pendidikan secara mandiri untuk mengajar numerasi secara efektif.
Previous